Rabu, 12 April 2017

CALON JAMAAH HAJI 2017, MEMPERSIAPKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN KEBUGARAN TAHAP I

CALON JAMAAH HAJI 2017, MEMPERSIAPKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN KEBUGARAN TAHAP I



PEMERIKSAAN KEBUGARAN CJH 2017 TAHAP I


Kesehatan adalah modal dalam perjalanan ibadah haji, tanpa kondisi kesehatan yang memadai niscaya pencapaian ritual peribadatan menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu setiap jamaah calon haji harus memiliki kemampuan fisik yang memadai (Sehat dan Bugar). Sejurus dengan itu maka kebijakan penyelenggaraan kesehatan  haji dengan manajemen risiko adalah upaya untuk dapat mengelola segenap permasalahan kesehatan dari masing-masing jamaah calon haji melalui tahapan upaya pemeriksaan dan pembinaan yang diselenggarakan sedini mungkin.

 
PENDAMPINGAN KONSELING KESEHATAN OLAHRAGA CJH

Kabupaten lumajang telah menyelesaikan tes kebugaran haji tahap I yang di laksanakan rutin tiap tahun dengan tingkat partisipasi minimal 90%, seluruh peserta atau calon jemaah haji sudah melakukan tes dengan semangat dan penuh antusias hal ini ditunjukkan dengan kesiapan peserta dengan memakai pakaian dan sepatu olahraga yang benar.

Dari 25 puskesmas yang ada di kabupaten lumajang kami melakukan tes kebugaran untuk calon jemaah haji di 10 titik di seluruh kabupaten lumajang mulai tanggal 06 maret 2017 sampai 18 Maret 2017 dengan total peserta yang mengikuti pemeriksaan sejumlah 593 orang. Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi kesehatan dan kebugaran calon jamaah haji oleh Ibu Luluk Azizah, S.KM, M.Kes selaku Kepala UPT. BKOR-PIPPM Kab.Lumajang, yang mana beliau merupakan bagian dari tim PPIH Tahun 2016. Berikutnya sosialisasi Stretching (Peregangan) di dalam pesawat yang dipandu oleh instruktur BKOR-PIPPM.

 
EVALUSASI HASIL PEMERIKSAAN KEBUGARAN CJH
Tes keburagan di lakukan oleh tim dari BKOR dengan sistem 2 tim dengan 5-6 personil setiap tim, yang dibagi menjadi beberap kualifikasi mulai dari bagian pemeriksaan Status Gizi, BB, TT, LP (Indeks Masa Tubuh), Wawancara pra partisipasi untuk membedakan peserta Risti dan Sehat sebagai rujukan utuk melakukan tes kebugaran apakah Lari/Jalan cepat 1,6 Km atau Jalan 6 Menit. dan terakhir konsultasi evaluasi  kesehatan olahraga dan gizi.

Alhamdulillah kegiatan pemeriksaan Tes Kesehatan dan Kebugaran Tahap I berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala yang berarti.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar