Pelayanan Psikologi

BKOR-PIPPM KABUPATEN LUMAJANG
PELAYANAN PSIKOLOGI BAGI ATLIT CABOR KABUPATEN LUMAJANG




Usaha untuk mengembangkan olahraga saat ini semakin maksimal, hal ini ditunjukan oleh munculnya beberapa disiplin ilmu penunjang untuk kemajuan olahraga khususnya. Pembinaan mental bagi atlit menjadi penting, untuk memenangkan pertandingan dan menjadi juara. Para pelatih perlu memahami bagian ini yaitu mengenal eksistensi individu sebagai subyek yang dibina keberanian atlit inilah yang disebut eksistensi yaitu mengetahui apa adanya dan sifat-sifat ataupun hukum-hukum yang sesuai dengan apa adanya pada subyek yang dibina.


Dalam hal ini BKOR-PIPPM telah melayani program psikologi bagi atlit cabor, yang telah bekerja sama antara BKOR-PIPPM dengan KONI Lumajang yang dimulai pada tahun 2013-sekarang, untuk mengembangkan potensi atlit di bidang cabor masing-masing. 


Kerja sama tersebut dalam diwujudkan dalam bentuk TES KEBUGARAN dan TES PSIKOLOGI bagi atlit, guna menjaring sejauh mana tingkat kebugaran fisik atlit, serta sejauh mana mental psikologi atlit dalam rangka persiapan kompetisi, yang mencakup : MOTIVASI, SELF CONFIDENT, PROBLEM SOLVING, OPTIMIST-PESIMIST dan lain-lain.












Dengan pelaksanakan TES KEBUGARAN dan TES PSIKOLOGI maka akan mewujudkan hasil yang sinergi antara aspek FISIOLOGIS dan PSIKOLOGIS atlit, karena dua aspek tersebut tidak bisa dipisahkan dan selalu berkaitan erat, dan sama-sama penting nya, guna menjaring atlit-atlit yang kompetitif, siap dari segi TEHNIK, FISIK, PSIKOLOGIS/MENTAL, dan siap bersaing dalam level kompetisi apapun.


PERLUNYA PEMBENTUKAN MENTAL SPORTIFITAS DALAM PERTANDINGAN OLAHRAGA







0 komentar:

Posting Komentar