Senam


PROFIL PELAYANAN SENAM
BALAI KESEHATAN OLAHRAGA DAN PUSAT INFORMASI PENCEGAHAN PENYAKIT METABOLIK (BKOR-PIPPM) LUMAJANG

I. Gambaran umum
            Senam merupakan salah satu aktifitas fisik yang sangat populer pada saat ini, hampir di setiap tempat kebugaran pasti memiliki kelas senam yang dapat diikuti oleh masyarakat umum. Jenis dan macam dari kelas senam juga mengalami perkembangan dari tahun ketahunnya, mulai dari senam aerobik, step, yoga, hingga senam ibu hamil kini mulai banyak dikenal di kalangan masyarakat umum.
             Banyak faktor yang menjadikan senam menjadi populer, salah satunya dikarenakan senam memiliki banyak manfaat kesehatan dan kebugaran bagi setiap orang yang melakukannya. Selain untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan  senam juga merupakan olahraga alternatif untuk membentuk tubuh, khususnya bagi mereka-mereka yang memiliki kelebihan berat badan dan bagi mereka yang malas melakukan wight training.
            Melihat manfaat dari kegiatan senam tersebut maka BKOR-PIPPM yang merupakan salah satu wadah masyarakat untuk mendapatkan layanan aktivitas fisik dan olahraga menyediakan pelayanan kelas senam yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat khususnya masyarakat Lumajang. Hal ini sesuai dengan tujuan dan misi dari BKOR-PIPPM Lumajang, yakni untuk menyehatkan seluruh masyarakat Lumajang melalui kegiatan-kegiatan dan aktifitas olahraga.


II. Jenis kelas senam
            Adapun macam-macam pelayanan kelas senam di BKOR-PIPPM Lumajang adalah sebagai berikut:
Macam senam
Instruktur
Senam Aerobik
Senam Gym Ball
Senam Step
Senam Ibu Hamil
Senam Yoga
Belly Dance
Yuyun, Mila, Emi, Anggun
Rofik
Siswo
Anggun, Mely
Siswo
Yuyun
           
            Dari tabel di atas dapat dijelaskan bahwa kelas senam di BKOR Lumajang ada 6(enam) macam, dan untuk instruktur senam sebanyak 10 orang.

III. Jadwal kelas senam
            Untuk jadwal  kegiatan kelas senam di BKOR-PIPPM Lumajang adalah sebagai berikut:
Kelas Senam
Hari/Pukul
Senam Aerobik
Senin/08.00, 16.00, dan 18.30 WIB
Selasa/08.00, 16.00, dan 18.30 WIB
Rabu/08.00 dan 16.00 WIB
Kamis/08.00, 16.00, dan 18.30 WIB
Jumat/08.00, 16.00, 18.30 WIB
Sabtu/08.00, 16.00 WIB
Senam Gym Ball dan Step
Selasa/13.15 WIB
Kamis/13.15 WIB
Senam Yoga
Senin/13.15 WIB
Rabu/13.15 WIB
Senam Belly Dance
Sabtu/08.00 WIB
Senam Ibu Hamil
Senin/10.00 WIB



IV. Sarana dan prasarana senam
            Di dalam ruang Senam BKOR-PIPPM, Terdapat peralatan-peralatan yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan senam, adapun alat-alat tersebut antara lain:
a)     Perlengkapan Soundsystem (CD player dan Sound)
b)     Matras
c)     Ball Gym
d)     Papan Step
e)     Dumbell

V. Prosedur pelayanan
            Untuk mendapatkan pelayanan kelas senam di BKOR-PIPPM Lumajang ini ada dua cara yang dapat dilakukan. Cara pertama yakitu dengan cara mendaftar sebagai member senam dengan membayar biaya sebesar Rp 30.000 per bulannya, dan untuk cara yang ke dua adalah dengan cara membayar biaya isidentil atau harian yakni sebesar Rp 5000 per kali datang.

VI. Alur pelayanan























VII. Profil pelayanan senam di BKOR-PIPPM Lumajang Periode 2012-2013

A.    Macam pelayanan kelas senam dan manfaatnya
Senam Aerobik
            Senam aerobik ini merupakan senam yang paling banyak dikenal oleh masyarakat pada umumnya, gerakannya yang indah dan berfariasi menjadikan senam ini banyak digemari oleh masyarakat khususnya kalangan perempuan. Senam ini dibagi menjadi 3 kategori yakni kategori low impec untuk mereka yang masih pemula, intermediet impec untuk tahap lanjutan, dan hig impec atau mix impec untuk mereka-mereka yang sudah mahir melakukan senam aerobik.
            Senam aerobik ini bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran jasmani, dimana menurut para ahli olahraga apabila senam aerobik dilakukan selama tiga bulan berturut-turut dan dengan frekuensi latihan 3 kali seminggu maka tingkat kebugaran jasmani kita akan mengalami peningkatan yang siknifikan, dan tidak hanya itu senam aerobik ini juga dapat menurunkan berat badan dan membakar lemak tubuh sehingga membantu seseorang untuk mendapatkan bentuk tubuh yang bagus dan ideal.

Senam Gym Ball
            Senam Gym Ball atau Aeroball ini merupakan salah satu jenis senam aerobik yang menggunakan alat bantu berupa bola besar. Untuk gerakan dari senam bola ini hampir mirip dengan gerakan-gerakan pada latihan beban atau wight training, namun beban yang digunakan bukanlah beban yang berat tapi hanya beban yang berasal dari beban bola tersebut.
            Senam bola ini sendiri sangat bermanfaat untuk mengencangkan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh akan terlihat lebih padat dan kencang. Senam bola ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan keseimbangan tubuh, hal ini dikarenakan pada beberapa gerakan senam bola memerlukan keseimbangan lebih seperti pada gerakan-gerakan latihan pada otot perut.

Senam Step
            Senam step atau disebut juga aerostep ini adalah senam yang menggabungkan beberapa gerakan-gerakan yang enerjik, kreatif, berirama capat yang mendasarkan gerakannya pada tumpuan kaki, dan langkah. Pada senam step ini dibutuhkan alat bantu berupa papan step yang digunakan untuk tumpuan atau pijakan.
            Pada dasarnya senam step ini memiliki manfaat yang sama dengan senam aerobik pada umumnya, namun senam step ini memiliki tingkat kerumitan gerakan yang cukup tinggi sehingga senam ini dapat digunakan untuk melatih dan meningkatkan koordinasi tubuh, baik koordinasi antara kaki dengan tangan ataupun koordinasi tubuh bagian kanan dengan tubuh bagian kiri. Walaupun senam step ini agak rumit namun senam ini sangat menyenangkan dan lebih menantang sehingga banyak peserta yang ingin bergabung dengan senam ini.

Senam Yoga
            Yoga berasal dari bahasa Sansekerta “yuj” artinya menghubungkan atau menyatukan. Secara horisontal, berarti menyatukan tubuh-pikiran-jiwa kita dalam keselarasan yang alami. Dalam arti yang umum yoga adalah gerakan-gerakan yang menggabungkan unsur kekuatan, kelenturan, keseimbangan dan pengaturan nafas dalam suatu gerakan yang selaras dan serasi.
            Yoga dapat meningkatkan berbagai gerakan di sendi dan meningkatkan lubrikasi (jangkauan) dari sendi sehingga tubuh akan menjadi lebih lentur atau lebih fleksibel, selain itu yoga merupakan sarana untuk mengurangi stes dan meningkatkan mood, hal ini dihubungkan dengan biochemical, misalnya terjadi penurunan catecholamines, hormon yang dihasilkan oleh kelenjar adrenalin dalam respon terhadap stes. Menurunkan tingkat hormon neurtransmitter, dopamine, norepinephrine, epinephrine dan menciptakan rasa tenang.

Senam Ibu Hamil
            Senam ibu hamil adalah terapi latihan gerakan untuk mempersiapkan ibu hamil secara fisik dan mental agar persalinannya menjadi cepat, aman, dan spontan. Senam ibu hamil ini dapat dilakukan ketika kehamilan sudah mencapai usia 5 bulan  atau sekitar 22 minggu. Senam ibu hamil ini dapat dilakukan minimal 3 kali per minggu sampai melahirkan.
            Senam ibu hamil ini memiliki manfaat untuk melatih otot-otot rahim dan sekitarnya seperti otot perut dan paha sehinga membantu mempermudah dalam proses persalinan, selain itu dengan senam ibu hamil ini ibu akan lebih siap secara fisik dan mental sehingga dapat mengurangi kecemasan dan ketegangan ketika persalinan. Senam ibu hamil ini juga dapat meringankan gejala-gejala yang timbul selama kehamilan seperti oedem kaki, varises, konstipasi, dan nyeri punggung.

Senam Belly Dance
            Belly dance adalah nama Barat untuk gaya tari yang dikembangkan khususnya di Timur Tengah, tari ini merupakan salah satu seni tari yang tertua di Dunia. Belly dance awalnya hanya diperuntuhkan untuk hiburan saja, namun sejalan dengan perkembangan jaman belly dence ini juga dapat digunakan untuk latihan-latihan di tempat kebugaran layaknya senam aerobik dan senam-senam lainnya.
            Pada gerakan-gerakan senam belly dance ini sangat bagus untuk melatih otot-otot tubuh seperti otot perut, pinggang, pinggul, lengan, dan kaki sehingga membantu dalam membentuk dan memperindah tubuh. Tidak hanya itu senam belly dence ini juga dapat melatih otot-otot candiovasculer seperti otot jantung dan paru-paru sehingga dapat meningkatkan tingkat kebugaran seseorang.

B.    Data kunjungan peserta senam di BKOR-PIPPM Lumajang
Adapun jumlah kunjungan peserta senam pada Tahun 2011, 2012, 2013, dan 2014 adalah sebagai berikut:
Data Tahun 2011

Bulan
å
Jan
Febr
Mart
Apr
Mei
Jun
Jul
Agt
Sept
Okt
Nov
Des
Jumlah kunjungan
81
103
106
113
109
118
82
77
81
91
91
81
1133

Data Tahun 2012

Bulan
å
Jan
Febr
Mart
Apr
Mei
Jun
Jul
Agt
Sept
Okt
Nov
Des
Jumlah kunjungan
125
118
129
124
99
117
75
46
124
142
166
129
1394

Data Tahun 2013

Bulan
å
Jan
Febr
Mart
Apr
Mei
Jun
Jul
Agt
Sept
Okt
Nov
Des
Jumlah kunjungan
366
422
477
456
452
360
178
149
498
514
234
97
4203

Data Tahun 2014

Bulan
å
Jan
Febr
Mart
Apr
Mei
Jun
Jul
Agt
Sept
Okt
Nov
Des
Jumlah kunjungan
602
847
822
820
733
600
125
652
1026
1070
1146
1128
9571

Dari data jumlah kunjungan peserta senam di atas dapat dibuat sebuah grafik seperti di bawah ini:

                                                                                       

2 komentar:

Posting Komentar